Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Upgrage Kernel 3.10 Centos 6.5

Tutorial Upgrage Kernel 3.10 Centos 6.5 - Pada umumnya jika kita menginstall centos 6.5 by default menggunakan kernel 2.6.32-431.el6.i686 (jika 32-bit) namun sebelum ke pembahasan apasih itu kernel ? Kernel adalah program yang dimuat saat boot yang berfungsi sebagai interface antara user-level program dengan hardware. Fungsinya seperti layaknya sistem operasi, menangani task switching dalam multitasking, menangani permintaan membaca atau menulis peralatan disk, melakukan tugas-tugas network serta mengatur penggunaan memori.
Nah secara umum kita sudah tau apa itu kernel namun saat ini apa sih arti dari angka-angka tersebut ? Seperti misalnya 2.6.32-431, angka tersebut menunjukan nomor versi kernel,  Nomor versi kernel tersebut terdiri dari 3 bagian: major number, minor number dan revision number yang masing-masing dipisah titik.

Angka 2 pada kernel 2.6.32-431 menunjukkan nomor major. Angka ini akan jarang berubah untuk waktu yang lama. Perubahan pada nomor ini menandakan adanya perubahan besar atau upgrade terhadap kernel.
Angka 6 pada kernel 2.6.32-431 menunjukkan nomor minor atau stabilitas. Angka genap (misal 0, 2, 4 dst) menandakan kernel stabil sedangkan angka ganjil menandakan kernel dalam tahap pengembangan atau development. Kernel ganjil mengandung experimental code dan feature terbaru yang ditambahkan oleh developer-nya. Kernel genap pada saat di rilis sudah tidak lagi ada penambahan apapun dan dianggap sudah stabil. Kadang-kadang kernel ganjil ini malah stabil dan biasanya dipakai oleh mereka yang sedang melakukan percobaan terhadap feature-feature baru tersebut.
Dua angka terakhir, 32-431 menunjukkan nomor revisi. Ini menandakan current patch versi tersebut. Selama tahap pengembangan, versi baru bisa di rilis hingga dua kali seminggu.

Lalu buat apa kita mengupgrade kernel ?kerl di upgrade agar bug yang terdapat pada kernel sebelumnya sudah tidak ada lagi pada kernel yang baru agar sistem kita berjalan dengan baik.

Ada cara mudah untuk mengupgrade kernel pada centos 6.5 yaitu dengan perintah :

yum -y update kernel

lalu setelah itu reboot sistem kita agar kernel yang baru dapat berjalan, namun dengan cara ini kernel yang terupdate hanya pada angka terakhir yaitu nomor revisi, ketika saya menggunakan centos 6.5 kernel awal yaitu 2.6.32-431 dan setelah di upgrade sebelumnya menjadi 2.6.32-573.18.1.el6.i686 tidak banyak yang berubah.

Jika kita ingin mengupgrade kernel ke yang lebih tinggi kita perlu melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini :

Enable ELRepo Project repository
# rpm --import https://www.elrepo.org/RPM-GPG-KEY-elrepo.org 
# rpm -Uvh http://www.elrepo.org/elrepo-release-6-6.el6.elrepo.noarch.rpm

Install the kernel
# yum --enablerepo=elrepo-kernel install kernel-lt 

Konfigurasi grub nya

Denga cara edit file /etc/grub.conf , rubah default nya dari 1 menjadi 0, seperti konfigurasi dibawah :
default=0
timeout=5
splashimage=(hd0,0)/grub/splash.xpm.gz
hiddenmenu
title CentOS (3.10.98-1.el6.elrepo.i686)
    root (hd0,0)
    kernel /vmlinuz-3.10.98-1.el6.elrepo.i686 ro root=/dev/mapper/vg_ridwan-lv_root nomodeset rd_NO_LUKS LANG=en_US.UTF-8 rd_NO_MD SYSFONT=latarcyrheb-sun16 rd_LVM_LV=vg_ridwan/lv_root crashkernel=auto rd_LVM_LV=vg_ridwan/lv_swap  KEYBOARDTYPE=pc KEYTABLE=us rd_NO_DM rhgb quiet
    initrd /initramfs-3.10.98-1.el6.elrepo.i686.img 
.....
Langkah terkahir yaitu reeboot sistem operasi kita dan taraaaa kernel sistem operasi kita sudah berubah/mejadi baru.

# uname -a


Sekian Tutorial Cara Upgrage Kernel 3.10 Centos 6.5  bila ada kekurangan mohon untuk dikoreksi, karena tutorial ini sebagai pengingat saya untuk dikemudian hari. Terima kasih.

suber : http://pemula.linux.or.id

Post a Comment for "Tutorial Cara Upgrage Kernel 3.10 Centos 6.5 "